Jumat, 08 Januari 2010

Soal Semester I Kelas X

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KUDUS
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMA NEGERI 1 KUDUS
RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL
Jl. Pramuka Nomor 41 Telp. (0291) 431368 Fax. (0291) 431368 KUDUS 59319
Website: http://www.sma1kudus.sch.id E-mail: sma1kudus@yahoo.co.id

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1. Dalam kisah penciptaan, Kej. 1: 26-31 dikisahkan manusia diciptakan secara unik. Keunikan manusia dalam kisah itu seperti di jelaskan dibawah ini, kecuali
a. diciptakan serupa dengan Allah
b. Allah bekerja dalam menciptakan manusia
c. hidup manusia berasal dari “hembusan” nafas Allah
d. laki-laki diciptakan mendahului perempuan
e. manusia ditempatkan di taman eden
2. Yang bukan tujuan kita mengenal diri kita
a. semakin percaya diri
b. menjadikan diri semakin sombong
c. mengenal diri untuk semakin mengenal Allah yang menciptakan kita
d. rendah hati untuk semakin memperbaiki diri
e. mengarahkan diri kita menuju manusia dewasa yang berkepribadian mantap
3. Apa yang terbaik bisa kita lakukan untuk bersyukur atas karya Allah yang luar biasa dalam diri kita?
a. mengikuti setiap gerakan yang baru tren pada masanya
b. mengikuti gaya-gaya tokoh idola
c. mencoba-coba hal-hal baru yang aneh
d. mencoba untuk menemukan dan menjadi diri sendiri
e. mengeksploitasi segala kemampuan untuk menunjukan kehebatan pribadi
4. Manusia diciptakan sebagai mahkluk yang unik dan istimewa, sebuah karya seni, sebuah masterpiece dari Allah yang luar biasa. Kistimewaan itu terletak pada hal-hal dibawah ini kecuali?
a. keadaan diri yang memiliki kekayaan rohani yang disebut sebagai karakter
b. mempunyai daya refleksi untuk mememecahkan masalah dan semakin maju
c. kekemampuan membuat sejarah
d. keadaan tubuh yang sexy, cantik atau tampan, gagah atau anggun,
e. diciptakan memiliki kelengkapan tubuh yang tepat, indah, estetis
5. Apa arti manusia diciptakan secitra dengan Allah?
a. Manusia sama dengan Allah
b. Manusia memiliki akal budi dan kebebasan yang membedakan dengan ciptaan lain dan memiliki kuasa sama dengan Allah meskipun kuasa manusia terbatas
c. Manusia memiliki rupa yang sama dengan Allah
d. Manusia sifatnya sama dengan Allah
e. Manusia seferajat dengan Allah
6. Mat. 25: 14-30 bercerita tentang perumpamaan tentang talenta. Apa kiranya maksud perumpamaan tersebut?
a. setiap pribadi diberi kemampuan oleh Allah dan hendaknya dipertanggungjawabkan
b. setiap pribadi harus pasrah dengan keampuannya
c. setiap pribadi mengembangkan kemampuannya seadanya saja
d. setiap pribadi diberi kemampuan oleh Allah untuk dipendam saja
e. setiap pribadi diberi kemampuan oleh Allah untuk mencukupi kebutuhannya
7. Apa sebab utama munculnya sikap diskriminatif dan fanatisme?
a. kesombongan
b. kebodohan, kepicikkan
c. perasaan terancam
d. kekuasaan
e. kecintaan
8. Alasan kita harus berbuat toleran, kecuali?
a. kesetaraan martabat
b. menyadari bahwa pluralisme adalah kenyataan
c. kesadaran bahwa selalu ada perbedaan
d. manusia adalah mahkluk pribadi
e. hukum cinta kasih
9. Apa dasar kitab suci kesetaraan martabat manusia dihadapan Allah?
a. 1 Kor 12 : 7-9 tentang buah-buah Roh
b. Mat. 25: 14-30 tentang perumpamaan talenta
c. Kej. 1: 27 tentang manusia diciptakan secitra dengan Allah
d. 1 Kor 1: 12 tentang murid-murid Paulus dan Petrus
e. Roma 12: 9-21 tentang nasihat untuk hidup dalam kasih
10. Siapa yang disebut sesama manusia dalam perumpamaan Yesus tentang orang Samaria yang baik hati (Luk. 10: 25-37)
a. orang yang menderita, miskin dan tersingkir
b. semua orang yang kita cintai
c. semua orang yang kita kenal
d. semua orang yang pernah kita temui
e. semua orang di dunia

11. Di Bawah ini adalah perbedaan perasaan antara laki-laki dan perempuan?
a. perasaan laki-laki mudah tergetar sedangkan perempuan terkendali
b. perasaan laki-laki subjektif sedangkan perempuan objektif
c. perasaan laki-laki cepat berubah sedangkan perempuan sulit untuk cepat berubah
d. perasaan laki-laki lebih sering dipendam sedangkan perempuan diungkapkan
e. perasaan laki-laki lebih sensitif sedangkan perempuan kasar
12. Secara psikologis antara laki-laki dapat dibedakan dari, (kecuali)
a. cara berpikir
b. perbedaan alun dan selera seks
c. perbedaan perasaan
d. perbedaan sikap dan tindakan
e. perbedaan organ kelamin
13. Kondisi apa yang sering kali menyudutkan kaum perempuan
a. kesempatan kaum wanita lebih sempit dibandingkan kaum laki-laki misalnya pendidikan, lapangan kerja dan lain-lain
b. wanita berperan ganda karena pembagian kerja menurut jenis kelamin
c. suara laki-laki dianggap lebih penting dibandingkan suara perempuan
d. wanita berperan sebagai pelaksana dibandingkan pengambil keputusan
e. semua jawaban benar
14. Apa yang bukan tugas kodrati seorang ibu
a. mengandung
b. menciptakan keindahan dan keharmonisan
c. menjadi bapa yang memberi benih kehidupan
d. menjadi ibu yang memelihara
e. yang menjaga rumah tangga
15. “Perempuan adalah degradasi laki-laki. Seorang laki-laki pengecut pada kelahirannya yang berikutnya akan menjadi perempuan.” kata-kata ini di ucapkan oleh?
a. Plato
b. Aristoteles
c. Nietsche
d. Schopenhauer
e. Ferdinand Marcos
16. Struktur tubuh laki-laki yang kuat dan kekayaan psikologisnya yang tegar, menjadikan laki-laki berperan sebagai “bapa”. Berikut ini peranan sebagai “bapa” kecuali:
a. “Menciptakan” keturunan
b. Menjamin kesejahteraan keluarga
c. Melindungi
d. Merawat
e. Mendaji partner dan kekasih perempuan
17. Struktur tubuh perempuan yang lemah gemulai dan kekayaan psikologisnya yang lembut menjadikan perempuan berperan sebagai “ibu”. Berikut ini peran sebagai “ibu” kecuali:
a. Mengandung, melahirkan, memelihara
b. Penata rumah tangga
c. Penaggungjawab hidup keluarga
d. Menerima benih dan menyuburkannya
e. Menjadi teman perjuangan laki-laki
18. Tugas pria dan perempuan sebagai pasangan adalah untuk beranak cucu. Apa dasar biblisnya..
a. Kej. 1: 28
b. Ef. 5: 22-23
c. Hos 1: 29
d. Kej. 1: 26
e. Kej. 1: 30
19. Cinta pria dan wanita sebagai pasangan menjadi tanda cinta Allah lepada umatNya dan cinta Kristus lepada GerejaNya. Dasar biblis pernyataan tersebut adalah
a. Mat. 1: 28
b. Ef. 5: 22-23
c. Kej. 1: 28
d. Kej. 1: 26
e. Kej. 1: 30
20. Dimanakah salah satu teks kitab suci yang menerangkan tugas laki-laki dan perempuan yang sederajat
a. Kej. 1: 26
b. Kej. 1: 27
c. Kej 2: 7, 18-25
d. Mazmur 139
e. Mat. 1: 28
21. Ada tiga demensi hati nurani, salah satunya adalah
a. demensi benar dan tidaknya
b. demensi kurang dan lebihnya
c. demensi terang dan gelap
d. demensi kelihatan dan tidak kelihatan
e. demensi sah dan tidaknya
22. Salah satu demensi hati nurani adalah demensi waktu. Dalam demensi waktu, hati nurani berperan
a. sebelum tindakan
b. setelah tindakan
c. saat tindakan
d. jawaban a, b, c semua salah
e. jawaban a, b, c semua benar
23. Dalam kondisi hati nurani mengalami ketidakpastian, maka kita harus bertindak..
a. memilih yang tidak menguntungkan dan yang berpihak pada keselamatan nyawa
b. memilih yang paling menguntungkan diri sendiri saja
c. memilih yang paling menguntungkan dan yang berpihak pada keselamatan nyawa
d. memilih yang menguntungkan meskipun kurang berpihak kepada nyawa manusia
e. semua jawaban salah
24. Apa fungsí hati nurani?
a. menjadi pegangan untuk menilai tindakan benar atau salah
b. menjadi pegangan untuk menentukan tindakan kongkret sehari-hari
c. menyadarkan manusia akan nilai dan harga dirinya
d. jawaban a, b, c benar
e. jawaban a, b, c salah
25. Bagaimana sikap kita terhadap hati nurani kita, kecuali?
a. membiarkan saja, kalau tidak sesuai dengan kesenangan kita
b. menghormatinya karena merupakan hukum Allah
c. melaksanakannya karena demi kebaikan kita
d. mempertimbangkan masak-masak dengan akal budi yang jernih
e. mendengarkan dengan cermat dan telita
26. Dimanakah (salah satu) ajaran kitab suci dan tradisi katolik tentang hati nurani?
a. Roma 8: 14-26 dan GS art. 16
b. Roma 7: 14-26 dan GS art. 16
c. Roma 7: 14-26 dan GS art. 18
d. Roma 16: 16-26 dan GS art. 7
e. Roma 18: 14-26 dan GS art. 7
27. Apa yang menyebabkan ketumpulan hati nurani, kecuali?
a. kemajuan iptek, moderenisasi, globalisasi yang tidak diikuti oleh pengetahuan yang cukup
b. tidak mau menghiraukan kata hati nurani
c. pandangan masyarakat yang keliru
d. pengaruh propaganda, media massa dan arus massa
e. banyak membaca dan mendiskusikan masalah
28. Bagaimana cara mengembangkan suara hati
a. nonton sinetron setiap hari
b. memberikan ulasan terhadap perkara kriminal
c. membaca buku-buku dan novel picisan
d. ikut kegiatan-kegiata rohani
e. mengkoreksi lain
29. Berikut ini adalah perbuatan daging, kecuali
a. percabulan
b. penyembahan berhala
c. iri hati
d. amarah
e. kasih
30. Bagaimana santo Paulus mengajarkan cara mengembangkan hati nurani dalam Gal. 5: 16-25?
a. dengan cara mengikuti perbuatan daging
b. dengan cara mengikuti perbuatan roh dan perbuatan daging
c. dengan cara mengikuti perbuatan daging dan tidak mengikuti perbuatan Roh
d. dengan cara mengingkari perbuatan daging dan mengikuti perbuatan Roh
e. semua jawaban salah
31. Apa yang bukan pengaruh positif kemajuan teknologi media?
a. kemajuan teknologi media mendekatkan manusia dengan sesamanya
b. kemajuan teknologi media membuat manusia semakin bergaya moderen
c. kemajuan teknologi media membuat penyampaian berita menarik dan bermutu
d. kemajuan teknologi media membuat penyajian gambar dan suara yang lebih baik
e. kemajuan teknologi media menjadikan pikiran dan relasi kita lebih terbuka kepada orang lain
32. Apa yang bukan pengaruh positif dari pemilik atau sponsor media?
a. pemilik media dapat mengunakan untuk menciptakan perhatian masyarakat tentang keprihatinan manusia misalnya, AIDS, narkoba, dll.
b. Pemilik media dapat mengunakan untuk memberi informasi untuk membentuk opini publik yang baik
c. Pemilik dapat mengunakan untuk sarana pendidikan
d. Pemilik media dapat mengunakan media untuk membela kebenanran dan keadilan
e. Pemilik media dapat mengunakan untuk kepentingan bisnis dan memperkaya diri.
33. Apa pengaruh negatif kemajuan teknologi media dari media itu sendiri?
a. media menciptakan budaya baru yang gemerlap, budaya asli dan lokal perlahan tersingkir
b. media memberikan informasi yang membentuk opini umum yang baik dan juga untuk mendidik
c. media membentuk budaya baru yang kreatif
d. media dapat menyajikan gambar dan suara lebih baik
e. media dapat digunakan untuk hiburan
34. Apa yang bukan pengaruh negatif yang disebabkan oleh pemilik atau sponsor media?
a. media menjadi ajang bisnis yang mengalakkan semangat materialisme, konsumerisme, dan hedonismen
b. dapat digunakan untuk menciptakan keprihatinan umumtentang suatu masalah
c. menciptakan stereotip tentang tokoh kecantikan, modeyang akan ditiru oleh masyarakat
d. menciptakan sensasi tantangan seks, kekerasan dan horror yang disenangi oleh semua kalangan
e. sponsor media dapat melakukan rekayasa dan trik demi kepentingan bisnis atau politik.
35. Di bawah ini yang bukan ideologi?
a. teologi
b. marxisme
c. teokrasi
d. liberalisme
e. neoliberalisme
36. Kelompok-kelompok (sekte-sekte) masyarakan pada zaman Yesus kecuali?
a. saduki
b. eseni
c. farisi
d. edoni
e. zelot
37. Trend atau isu yang berkaitan dengan persamaan derajat dan kemitraan laki-laki dan perempuan disebut?
a. individualisme
b. konsumerisme
c. gender
d. pluralisme
e. fundametalisme
38. Budaya mendewakan kesenangan badaniah dan kecintaan terhadap materi disebut?
a. individualisme
b. hedonisme
c. gender
d. pluralisme
e. fundametalisme
39. Materialisme dan hedonisme memunculkan sikap?
a. individualisme
b. konsumerisme
c. gender
d. pluralisme
e. fundametalisme
40. Perkembangan jaman dan teknologi memisahkan dengan tajam komunitas sosial dan keluarga dan memunculkan gaya hidup ...
a. individualisme
b. konsumerisme
c. gender
d. pluralisme
e. fundametalisme

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan uraian singkat
1. Jelaskan yang dimaksud relasi laki-laki dan perempuan bersifat komplemeter!
2. Dalam GS Art. 16 dikatakan, “Tidak jarang terjadi, bahwa hati nurani keliru karena ketidaktahuan yang tak teratasi. Karena hal itu, ia tidak kehilangan martabatnya. Hal itu sebenarnya tidak perlu terjadi kalau manusia berikhtiar untuk mencari yang benar dan baik....” apa maksud pernyataan tersebut, jelaskan!
3. Apa maksud sabda Yesus, “ Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat”? berikan contoh sikap kritismu terhadap media massa?
4. Apa arti ideologi? Berikan 3 contohnya dan penjelasannya?
5. Bagaimana sikap kritis Yesus terhadap hal-hal keduniawian berdasarkan kisah percobaan selam 40 hari di padang gurun?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar