Selasa, 19 Januari 2010

KSPL

KSPL
I. Proses pembentukkan kepercayaan
Hidup manusia didunia diwarnai interaksi dengan sesamanya baik dengan alam maupun sesamanya manusia. Iteraksi ini membuat manusia bergumul terus menerus. Manusia mengalami pergantian musim, pertumbuhan, bencana, perselisihan , dan sebagainya. Pergumulan hidup manusia mengalami pasang surut, kadang membahagiakan dan kadang memilukan, kadang bergulir dengan cepat kadang terasa amat lambat. Pergumulan itu menumbuhkan pengalaman bagi manusia, baik pengalaman penopang kehidupan maupun pengalaman keagamaan (religious).
Dari pergumulan itu manusia mulai berpikir mengapa semua itu terjadi. Manusia ingin menerangkan bagaiman ada kebahagian? Bagaimana ada penderitaan? Bagaimana ada kejahatan? Bahkan manusia bertanya tentang eksistensi dirinya, berasal dari mana, bagaimana terbentukanya, siapa yang membentuk, dan sebagainya?
Dari semua refleksi tentang hidupnya itu manusia menemukan jawaban bahwa ada yang menciptakan segala sesuatu yang benar dan tak tercipta yang sering disebut sebagai Allah, Dewa, Tuhan, dsb. Yang Maha Kuasa ini adalah penggerak yang tak tergerakan, pencipta yang tak diciptakan. Dia menciptakan segala kebenaran dan kebaikan. Disisi lain, manusia menemukan bahwa penderitaan manusia bukanlah ciptaan Allah, Dewa, Tuhan, tetapi merupakan kesalahan pribadi manusia yang kurang mengerti dan serakah atau oleh akibat godaan si jahat yang biasa disebut setan, atau iblis.
Penemuan-penemuan itu diwariskan kepada anak-cucu dalam balutan cerita-cerita mistis. Salah satu contoh cerita itu adalah cerita tentang pencitaan manusia yang ada dalam salah satu suku di India. Manusia dikisahkan diciptakan dari kayu. Tuhan memahat batang kayu yang keras untuk membuat seorang laki-laki. Ketika pemahantan sudah selesai, Ia menghembuskan nafas kehidupan baginya. Maka jadilah seorang laki-laki. Kemudian Tuhan mengumpulkan daun dan bunga, ia membentuknya menjadi perempuan dan menghembuskan nafas kehidupan, maka jadilah perempuan. Laki-laki berasal dari kayu maka punya sifat yang kuat dan tegar, perempuan dari daun dan bunga maka memilki sifat lemah lembut dan indah. Hal itu juga ingin menerangkan bahwa manusia itu adalah laki-laki dan perempuan, ia diciptakan oleh Tuhan dalam keindahan. Mereka tercipta secara berbeda namun merupakan kesatuan.

II. Proses Pembentukan Kitab Suci
Demikian pula terbentuknya Kitab Suci, bangsa Israel juga mengalami pergumulan dengan hidupnya yang menumbuhkan kepercayaan terhadap Allah. Berbagai mancam kepercayaan itu berkembang dan diwariskan kepada anak-cucu dan dalam proses yang panjang dituliskan dan dikelompokkan menjadi Kitab Suci (Kanonisasi). Proses terbentuknya kitab Suci bukan semata-mata pengumpulan sejarah manusia, namun merupakan sejarah iman dan pengalaman bersama Allah. Sejarah tersebut berawal:
• 1800-1600 SM, zaman Bapa-bapa bangsa (Abraham, Ishak dan Yakub), semua kisah ini pada awalnya masih diceritakan secara lisan turun temurun.
• 1600-1225 SM, kisah bangsa Israel di Mesir dan perjalan di padang gurun setelah pembebesan sampai kisah masuk ke Kanaan. Mungkin ada bagian yang secara singkat sudah tertulis, misalnya 10 perintah Allah.
• 1225-1030 SM perebutan tanah kanaan pada zaman Yosua dan pembagian tanah, Israel kemudian dipimpin oleh hakim-hakim. Selain cerita-cerita, zaman ini sudah mucul pranata dan hukum.
• 1030-930 SM, Israel berkembang menjadi kerajaan dan berkembang sangat besar. Permulaan dimulai oleh Saul, Daud, Salomo. Hal yang penting dalam perkembangan kitab suci adalah bagian bagian KSPL mulai ditulis misalnya, kisah penciptaan, bapa-bapa bangsa, kisah raja-raja dan beberapa mazmur.
• 930-722 SM Israel terpecah menjadi 2 (Yehuda dan Israel). Penulisan kitab-kitab berlanjut, melengkapi kitab-kitab hukub dan kisah nabi-nabi mulai muncul
• 722-587 SM kejatuhan kerajaan Israel dan juga awal pembuangan ke babilon. Sejarah kerajaan Israel semakin disempurnakan dan ditulis beberap amsal dan mazmur
• 586-539 SM zaman pembuangan ke Babilon. Muncul tulisan yang berkaitan dengan kesengsaraan Israelyang kita kenal dengan Ratapan dan pewartaan nabi-nabi yang meramalkan tentang Israel. Periode ini muncul imam-imamyang menuliskan hokum-hukum yang ada dalam kitab imamat.
• 538-200 SM masa kembali dari pembuangan. Penulisan kitab-kitab sudah semakin sempurna. Semakin sempurna Karena pada pada masa ini ditulis lah kitab kebijaksanaan.
• 200-…. SM ditulis beberapa kitab tambahan seperti Daniel, ester, yudith, tobit, I-II Makabe, Sirakh dan kebijaksanaan salomo
• …… - 100 M kanosnisasi, penetuan dan pemilihan kitab-kitab dan disatukan menjadi satu pegangan umat beriman.

III. Mendalami pembagian KSPL dan pembagiannya

Kitab Sejarah
1. Kejadian
2. Keluaran
3. Imamat
4. Bilangan
5. Ulangan
6. Yosua
7. Hakim-hakim
8. Rut
9. I Samuel
10. II Samuel
11. I Raja-raja
12. II Raja-raja
13. I Tawarikh
14. II Tawarikh
15. Ezra
16. Nehemia
17. I Makabe
18. II Makabe
19. Tobit
20. Yudit
21. Ester

Kitab Kebijaksanaan
1. Ayub
2. Mazmur
3. Amsal
4. Pengkotbah
5. Kidung Agung
6. Kebijaksanaan
7. Putra Sirakh

Kitab Nabi-Nabi
1. Yesaya
2. Yeremia
3. Ratapan
4. Barukh
5. Yehezkhiel
6. Daniel
7. Hosea
8. Yoel
9. Amos
10. Obaja
11. Yunus
12. Mikha
13. Nahum
14. Habakuk
15. Zefanya
16. Hagai
17. Zakaria
18. Malaekhi


IV. Soal-soal pendukung

1. Keyakinan apa yang terkandung dalam kisah penciptaan laki-laki dan perempuan di salah satu suku di India?
2. Bagaimana terbentuknya sebuah kepercayaan? Jelaskan secara jelas dan singkat!
3. Apakah keyakinan nenek moyak kita itu luhur dan benar? Mengapa?
4. Mengapa berbagai macam keyakinan dan kepercayaan diungkapkan dalam bentuk cerita?
5. Bagaimana nenek moyang mewariskan ajaran dan keyakinannya kepada anak cucunya?
6. Apa makna yang terkandung dalam cerita penciptaan di Kitab Kejadian?
7. Bagai mana proses terbentuknya Kitab Suci Perjanjian Lama?
8. Kapan Kitab Suci Perjanjian lama mulai ditulis?
9. Apa maksud kanonisasi, kanon dan kitab kanonik?
10. Sebutkan pembagian Kitab Perjanjian Lama?
11. Mengapa disebut Kitab Sejarah?
12. Mengapa disebut Kitab Kebijaksanaan?
13. Mengapa disebut Kitab Nabi-nabi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar