Senin, 18 Januari 2010

GEREJA DAN DUNIA
I. Hubungan Gereja dan Dunia
a. Pandangan baru tentang dunia dan manusia
1. dunia
Pandangan Gereja terhadap dunia berubah, pada awalnya Gereja memandang dunia sangat negative. Dunia menjadi halangan bagi manusia untuk mendekatkan diri dengan Allah dan keselamatan. Pandangan ini muncul dipengaruhi oleh pandangan filsafat dan juga kitab suci, misalnya
1Yoh 2: 15-16, 1Yoh 5: 19, Rm 12: 2. pandangan ini berubah dengan pembaruan dalam konsili vatikan II yang mengajak memandang dunia sebgai seluruh keluarga manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya. Duni menjadi pentas berlangsungnya sejarah umat manusia. Dunia dilihat secara positif, sebagai ajang hidup manusia yang dimerdekakan oleh Kristus.
2. manusia
• Martabat Manusia
Gereja memandang dan mengajarkan bahwa manusia memiliki martabat yang amat luhur. Manusia diciptakan secitara dengan Allah dan dipanggil untuk mengembangkan dirinya serupa dengan Kristus. Kemampuan akal budi, kehendak bebas, dan hati nuraninya membuat manusia memiliki keistimewaan diantara ciptaan. Manusi diciptakan untuk dirinya sendiri tetapi ciptaan lain diciptakan untuk manusia. Disitulah keluhuran martabat manusia.
• Masyarakat manusia
Manusia secara istimewa diciptakan Allah untuk membentuk satu keluarga dan memperlakukan seorang akan yang lain dengan jiwa kekeluargaan. Kristus berdoa agar “semua menjadi satu…..seperti kita pun satu adanya”
3. usaha dan karya manusia
Perubahan dunia begitu pesat merupakann kehendak Allah, dan manusia menjadi partner kerja Allah dalam melaksanakan perkembangan dunia. Maka dari itu, setiap usaha manusia yang mengembangkan dunia sekecil apapunbentuknya memiliki nilai luhur karena manusia adalah partner Allah dalam menyempurnakan dan menyelamatkan dunia.
b. hubungan gereja dan dunia
1. Gereja postkonsiliner melihat dirinya sebgai Sakramen Keselamatan, dimana Gereja menjadi tanda kehadiran Allah di dunia, Gereja menjadi terang, garam, ragi bagi dunia dan dunia menjadi ladang tempat Gereja berbakti
2. dunia menjadi mitra dialog Gereja, dunia menjadi ajang pewartaan misi Gereja dan duni adapat mengmbangkan kebudayaannya, alam pikirnya, dll.
3. Gereja tetap menghormati otonomitas dunia, dunia adalah sekuler adalah cirri khas dunia, namun sekulernya dunia juga mengandung nilai-nilai yang dapat mensejahterakan dunia dan membangun sendi-sendi Kerajaan Allah.
Dunia dan Gereja adalah kesatuan, berbicara tentang Gereja berarti berbicara tentang umat manusia, berbicara tentang dunia adalah tempat peziarahan Gereja.
II. Misi dan Tugas Gereja Dalam Dunia
Misi Gereja adalah satu, melanjutkan karya Kristus yaitu mewartakan Kerajaan Allah kepada seluruh umat manusia.
a. martabat manusia
• Membebaskan kodrat manusia dari segala perubahan paham
• Menolak tegas segala macam perbudakan dan pemerkosaan martabat dan pribadi manusia
• Menempatkan dan memperjuangkan martabat manusia sesuai dengan maksud penciptanya
b. masyarakat manusia
• membangkitkan karya-karya yang melayani semua orang terutama KLMTC
• mendorong semua usaha kearah persatuan, sosialisasi dan persekutuan yang sehat
• gereja menjadi pengantara yang baik antara masyarakat dan negara yang berbeda-besa hidup budaya dan politik
c. usaha dan karya manusia
• Gereja menyakinkan kita bahwa setiap usaha hidup kita yang baik betapapun kecil memiliki nilai luhurkarena merupakan sumbangan bagi karya Allah
• Gereja sangat terbuka dengan kemajuan dan mendorong setiap kemajuan pengetahuan yang mengarahkan tercapainya tujuan akhir manusia secara positif.
• Gereja mendesak penyelesaian masalah yang urgen misalanya martabat perkawinan, pengembangan kemajuan budaya, ekonomi, social politikserta perdamaian manusia
III. Masalah Bangsa dan Sumbangan Gereja Indonesia dalam Penanganan Krisis
a. situasi bangsa kita
• Krisis lingkungan hidup
• Krisis ekonomi
• Krisis politik
• Krisis budaya dan pendidikan
b. akar permasalahan
• ketidakadilan
• ketidakjujuran
• tidak adanya kesetiakawanan
c. peranan dan sumbangan gereja
IV. Contoh Soal
1. Apa itu dunia?
2. Bagaimana pandangan Gereja terhadap dunia pra konsili vatikan II
3. Sebutkan beberapa teks Kitab Suci yang menunjukkan dunia sebagai yang kurang baik?
4. Apa yang mengubah pandangan Gereja terhadap dunia, dan teks kitab suci atau ajaran gereja yang mendukungnya?
5. Apa dasar pandangan tentang manusia bermartabat?
6. Bagaimana hubungan Gereja dengan dunia?
7. Apa misi Gereja terhadap dunia, Martabat manusia, masyarakat manusia, dan usaha dan karya manusia? Berikan contoh-contohnya
8. Krisis apa yang dihadapi bangsa Indonesia, berikan contohnya!
9. Apa akar masalah krisis di Indonesia?
10. Apa yang Gereja lakukan untuk bangsa ini?
11. Apa yang bisa kalian lakukan untuk bangsa saat ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar